Jurus Sri Mulyani Bantu Jaga Inflasi Jelang Lebaran

Jurus Sri Mulyani Bantu Jaga Inflasi Jelang Lebaran

Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri di Juni 2017 mendatang, pemerintah bersiap menjaga pasokan pangan agar tetap tersedia dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini dilakukan mengingat permintaan kebutuhan terkait pangan mengalami lonjakan sejak bulan puasa hingga Lebaran.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan sejumlah Kementerian dan Lembaga (K/L) dalam menjaga pasokan pangan. Sehingga tidak terjadi kelangkaan yang membuat lonjakan harga pangan yang berimbas kepada inflasi.

Dalam hal ini, para kartel pangan yang sering dituding menjadi penyebab utama kenaikan harga pangan jelang Lebaran juga akan diberantas. 

"Kita juga melakukan pengawasan ketat fenomena kartel, sehingga jangan sampai permintaan tinggi mereka bisa lakukan exercise kenaikan harga yang semena-mena. Kita akan lihat dari sisi berapa jumlah impornya dan bagaimana aktivitas penjualan," jelas Sri Mulyani di Gedung BPPK Kementerian Keuangan, Jakarta Selatan, Senin (17/4/2017).

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dan Ditjen Bea Cukai juga akan digandeng untuk mengawasi ketersediaan pangan saat puasa dan Lebaran. Kementerian dan Lembaga (K/L) terkait juga akan diajak untuk berkolaborasi untuk menjaga harga pangan tetap stabil.

"Pada saat yang sama, kami bersama Pajak, Bea Cukai akan terus kolaborasi bersama dengan Kemendag dan Kemenko Perekonomian untuk memonitor berapa jumlah stok, berapa kebutuhan," ujar Sri Mulyani. 

Adapun beberapa komoditas pangan yang menjadi fokus utama pemerintah dalam menekan gejolak harga menjelang Lebaran, antara lain beras, gula, hingga daging sapi.

"Beberapa menteri sudah melihat beberapa komoditi yang dianggap pemicu pada saat permintaan sangat tinggi dari mulai beras, gula, daging, ayam, minyak goreng. Semuanya dilakukan pemantauan antisipasi," tutur Sri Mulyani. (mkj/mkj)



Detik.com
Komentar Anda Disini!
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates