Komisi II: Komisioner KPU dan Bawaslu Dipilih Secara Objektif

Komisi II: Komisioner KPU dan Bawaslu Dipilih Secara Objektif
ilustrasi, Sumber : Detik.com

Jakarta - Nama-nama anggota KPU dan Bawaslu terpilih telah dilaporkan kepada pimpinan DPR. Ketua Komisi II Zainudin Amali mengatakan nama-nama tersebut telah disetujui oleh pimpinan DPR RI. 

"Ya, tadi saya melaporkan di rapat Bamus (Badan Musyawarah) sejak awal proses pemilihan hingga saat ini, pimpinan dan peserta rapat telah menyimak dan menyetujui laporan dari Komisi II. Besok akan dilakukan paripurna," ujar Amali di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2017). 

Amali mengatakan paripurna nanti akan membahas tentang laporan pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan. Ia juga mengatakan komisioner KPU dan Bawaslu dipilih secara objektif. 

"Jadi semua peserta fit and proper test dipilih secara objektif oleh 55 anggota yang ada di Komisi II dan ternyata, dari tujuh, ada dua orang sama," imbuhnya. 

Terkait pertanyaan Komisi II terhadap calon KPU dan Bawaslu saat uji kelayakan dan kepatutan tentang uji materi UU Pilkada yang diajukan KPU ke MK, Amali mengatakan hal itu tidak menjadi pertimbangan khusus untuk memilih. 

"Cuma ditanya saja, tidak jadi pertimbangan, anggota tidak pertimbangkan. Setelah mendapatkan penjelasan, ya sudah, tidak bertanya lagi," jelas Amali.

Dia berharap terpilihnya tujuh komisioner KPU dan lima Bawaslu akan meningkatkan sinergi menjadi yang lebih baik. 

"Saya berharap ke depan sinergi akan berjalan lebih baik ke arah positif dan produktif untuk penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan pileg dan pilpres 2019," pungkas Amali. 
(idh/idh)


Detik.com
Komentar Anda Disini!
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates