5 Bandara Terseram di Dunia yang Bikin Merinding

Bandara Internasional Tancontin, Honduras (foto: egmTacahopeful/Flickr)
SETIAP bandara memiliki keistimewaan tersendiri bukan berarti menakutkan atau berbahaya. Tapi bila melihat betapa uniknya bentuk dan letak bandara-bandara dari 5 tempat ini Anda bisa merinding dan resah saat berada di dalam pesawat.

Dilansir dari Smarttravel, Senin (22/5/2017) sederet bandara ini membuat merinding orang yang berada dalam pesawat.


Bandara Internasional Toncontin, Tegucigalpa Honduras
(foto: egmTacahopeful/Flickr)
Pesawat yang akan mendarat atau terbang dari bandar udara ini harus melewati pegunungan, yang juga merupakan rintangan saat mendarat di Tegucigalpa, Honduras. Landasan pacu bandara itu sendiri terletak di sebuah lembah.

Akibat daerah pegunungan yang ada di sekitarnya, penumpang akan mengalami penurunan ketinggian yang cepat. Masalah angin juga bisa membuat masalah pendaratan semakin sulit.


Bandara Gibraltar, Gibraltar
(foto: Andrew/Flickr)
Landasan pacu bandar udara Gibraltar terpotong oleh laut dan jalan raya utama ke Spanyol, seakan tidak cukup untuk melakukan pendaratan pesawat dan akan mempersulit pendaratan.

Tapi, jangan khawatir, jika ada pesawat yang akan mendarat, lalu lintas dihentikan dan pilot harus berhati-hati saat mendarat dan kendalikan rem dengan baik, karena landasan pacu sepanjang 6.000 kaki itu tidak memiliki banyak ruang untuk mengantisipasi kesalahan. Bersyukurlah bila pesawat dialihkan ke bandara terdekat karena cuaca.


Nantucket Memorial Airport, Nantucket, Massachusetts
(foto: duffizkewl/Flickr)
Sering ada kabut dan langit-langit yang rendah membuat navigasi menjadi tantangan dan memaksa pilot mengandalkan instrumen untuk terbang. Bahkan menurut penuturan seorang pilot terkadang ia tidak dapat melihat apapun sampai detik terakhir dan pesawat mendarat.

Tapi, para pilot tetap berusaha keras untuk mencegah pesawat mendarat dalam kondisi buruk.


Bandara Internasional Paro, Bhutan
(foto: Douglas J. McLaughlin-Wikipedia)
Bandara ini dikelilingi oleh tantangan yaitu pegunungan. Mulai pegunungan Himalaya dengan derau angin yang dahsyat, terletak di lembah dalam dan berjajar pohon. Tapi, Anda tidak perlu takut walaupun ketika pergi ke Bhutan ada kemungkinan Anda harus mendarat di Paro, karena pilotnya dilatih secara khusus untuk terbang ke Bhutan dan mengakses bandara tergantung pada kondisi cuaca.


Bandara Internasional La Aurora, Guatemala City, Guatemala
(foto: WageIndicator/Paulisen Osse/Flickr)
Masih terasa khawatir, bandara Internasional La Aurora berada di sekitar pegunungan, ketinggian yang tinggi, dan curam di ujung landasan terbang. Perjalanan yang menyenangkan, kesan yang diberikan bandara ini bahkan dari sudut pandang pilot.

Menurut Smith, Penumpang mendarat di sini akan mengejutkan karena akan melalui serangkaian gunung berapi, termasuk gunung berapi Pacaya yang aktif. Bahkan, baru-baru ini menyebabkan bandara tutup.


Sumber: okezone.com

Komentar Anda Disini!
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates