Pemkab Aceh Timur Bentuk Forum Anak Daerah

Foto Bersama pada Kegiatan Pembentukan FAD | Foto : Ikbal Ramzani
Aceh Timur - Puluhan anak-anak dari berbagai Kecamatan, dan perwakilan OSIS tingkat SLTA se-Kabupaten Aceh Timur difasilitasi oleh Pemerintah setempat dalam kegiatan peningkatan kapasitas tentang Forum Anak.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari (19-20/5), dengan menghadirkan Narasumber sekaligus Fasilitator dari Koalisi Advokasi dan Pemantau Hak Anak (KAPHA) yakni Taufik Riswan dan Ikbal Ramzani di Aula Utama BPM, PP KB Kabupaten Aceh Timur.

Acara yang di buka oleh Bapak Safrizal, SH. M. AP selaku Assistence III Bidang Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa pembentukan anak merupakan amanah undang-undang perlindungan anak.

"Pembentukan Forum Anak merupakan amanat Undang-undang No. 35 Tahun 2014 Tentang perubahan Undang-undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, dimana dalam undang-undang tersebut mengatur tentang Hak-hak anak, diantaranya partisipasi Anak. Dan bentuk nyata partisipasi anak yang diakui oleh Negara serta difasilitasi oleh setiap kepala Pemerintahan adalah Forum Anak" tegas Pak Safrizal.

"Jadi kami sangat mengapresiasi kehadiran seluruh anak-anak dalam mengikuti pembekalan forum anak, dan Pada Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Timur yang memprogramkan kegiatan ini, semoga pertemuan ini benar-benar bermanfaat bagi proses partisipasi dan tumbuh kembang anak-anak", tambahnya lagi.

Selanjutnya Dalam sambutan Taufik Riswan sebagai Direktur Koalisi Advokasi dan Pemantau Hak Anak (KAPHA) Aceh sekaligus Narasumber mengatakan, Pemenuhan Hak Partisipasi Anak, sangat penting dikembangkan melalui wadah organisasi atau perkumpulan anak-anak yang ada di dalan UU Perlindungan Anak.

"Dan salah satu wadah partisipasi anak yang difasilitasi oleh pemerintah adalah kelembagaan forum anak yang dibentuk secara berjenjang mulai tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, hingga Kelurahan atau Gampong" ungkap Taufik

Taufik juga mengapresiasi Pemerintah Aceh Timur yang mau merencanakan terselenggaranya pembentukan dan Penguatan Forum Anak Daerah.

"Komitmen pemerintah dalam menjalankan Undang-Undang Perlindungan Anak, dan salah satu prinsipnya adalah mendengarkan pendapat anak" tambah Taufik.

Selain itu, Taufik juga menegaskan bahwa Forum Anak juga menjadi mitra pemerintah dalam aspek pwmbangunan.

"Dengan adanya Forum Anak ini, nantinya juga bisa bermitra dengan Pemerintah Daerah dalam hal peran anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) tentang Pemenuhan Hak dan Kewajiban, serta Perlindungan Anak" tutupnya.


(IR)
Komentar Anda Disini!
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates