Pelayanan Kesehatan Pukesmas Di Kabupaten Aceh Barat Belum Memuaskan, Disarankan Puskesmas sebaiknya dipimpin oleh dokter

Kepala Ombusdman RI Perwakilan Aceh Dr. Taqwadin MH. menyampaikan materi pada workshop kebijakan kesehatan pukesmas kabupaten Aceh Barat di The Pade Hotel (foto; peserta workshop)
Ombusdman RI perwakilan Aceh memfasilitasi Workshop tentang Kebijakan Kesehatan di Puskesmas Kabupaten Aceh Barat - Provinsi Aceh, yang di laksanakan pada tanggal 9 Juni 2017 di The Pade Hotel, Banda Aceh.

Dalam kegiatan tersebut, ketua Ombudsman RI Perwakilan Aceh Dr Taqwadin MH, menyampaikan, “dari hasil penelitian yang dilakukan Ombudsman perwakilan Aceh pada enam pukesmas di Aceh Barat beberapa saat lalu terungkap angka kematian bayi masih sangat tinggi di kabupaten tersebut. Hal ini bisa dilihat dari data profil kesehatan Aceh tahun 2015 tertinggi kematian di Aceh yakni 25 per 1000 kelahiran hidup. Dasar inilah Aceh Barat dipilih sebagai titik awal data profil kesehatan Aceh ungkapnya.”

Taqwadin menambahkan “dari penelitian pada enam Puskesmas disana terkait sarana prasarana, dan tenaga kesehatan, dapat disimpulkan bahwa, masyarakat sudah puas dengan layanan Puskesmas tapi di Puskesmas pedalaman masih dirasakan kurang memuaskan seperti tidak hadirnya dokter tepat waktu. selain itu juga dikeluhkan masyarakat hal sistem rayonisasi fasilitas kesehatan tingkat pertama, sehingga mereka sulit dapat pelayanan ditempat tersebut, diharapkan pemda memberi insentif tambahan pada dokter Puskesmas khususnya yang dipedalaman sebutnya”. 

Dari rilis yang di terima roketnews.com, dalam workshop tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi yaitu diharapkan kepada Pemda menambah beberapa dokter spesialis di Aceh Barat terutama spesialis kebidanan untuk respon rujukan yang tinggi dari Puskesmas, selain itu juga disarankan pada pemda Untuk pengembangan tenaga medis dan paramedis secara berkesinambungan sebaiknya dipilih putra daerah atau yang mau tinggal di Aceh Barat. Pimpinan Puskesmas dipimpin dokter, sehingga mereka terikat untuk tinggal di Puskesmas, dan mudah dihubungi jika diperlukan, bukan seperti saat ini mereka tidak tinggal di perumahan Puskesmas.

pada acara tersebut juga ikut menjadi pembicara Dr dr syahrul dari FK Unsyiah dan dr Hanif Kadinkes Aceh.

Dalam acara tersebut dihadir oleh, Sekda Aceh Barat Drs. Bukhari, MM, ketua DPRK Aceh Barat, para tokoh masyarakat , Akademisi , dan LSM yang berkaitan kesehatan. []
Komentar Anda Disini!
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates