Teknologi Canggih, Kursi Tak Terlihat

Tiga orang di balik penciptaan Chairless Chair. |Foto : CNN
Banda Aceh - Keith Gunura, seorang pengusaha muda asal Zurich menciptakan inovasi baru di dunia gadget yang cukup unik. Ciptaannya itu dinamai Chairless Chair yang memungkinkan seseorang bisa duduk di mana saja menggunakan kursi yang tidak terlihat. 

Chairless Chair tidak terlihat secara kasat mata tapi kapanpun dibutuhkan, dia akan menopang berat tubuh seseorang layaknya kursi. Kepada CNN, Keith menuturkan, "Ide ini datang dari keinginan orang yang ingin bisa duduk kapan saja dan di mana saja, dan saat saya bekerja di pabrik pengemasan saat usia 17. Berdiri selama berjam-jam bisa membuat otot kaki tegang tapi kebanyakan pekerja hanya punya waktu istirahat sebentar dan hanya sedikit kursi yang disediakan. Jadi pikir saya ide paling baik untuk mengatasinya adalah mengikatkan 'kursi' langsung ke tubuh saya."


Kursi ini juga sangat Flexibel dikenakan di kedua kaki. Ketika tidak diaktifkan, pemakainya bisa berjalan secara normal bahkan berlari. Tapi ketika alatnya dinyalakan, tali-tali tersebut akan mengunci dan sang pemakai bisa duduk di atasnya. Seperti halnya kursi yang berada di bawahnya. Sebelumnya, alat ini harus diatur pemasangannya sesuai posisi duduk yang diinginkan dan kemudian dikunci.

Selain dilengkapi tali pengikat, Chairless Chair juga memiliki semacam plat logam yang dimaksudkan untuk menopang berat tubuh. Plat tersebut juga terhubung dengan alas kaki yang dikenakan, baik itu sepatu keds, flat atau high heels. Untuk menggunakannya, pemakai hanya perlu menentukan pose duduk yang menurutnya nyaman lalu menghidupkan alatnya. Alat ini bisa berfungsi maksimal 24 jam dengan batere single 6V.

Foto : CNN
Selain itu  Chairless Chair terbuat dari aluminium dan serat karbon yang cenderung ringan. Berat alat ini hanya dua kilogram sehingga tidak membuat pemakainya merasa terlalu terbebani dan kesulitan bergerak. Ke depannya, kursi tak kasat mata ini bisa diaktifkan secara otomatis tanpa perlu menekan tombol.

Foto  : CNN
Kursi yang tak terlihat ini memberikan alternatif solusi untuk tempat kerja yang sempit, di mana kursi maupun meja tidak bisa ditempatkan terlalu banyak dalam ruangan.

Ketika Duduk |Foto : CNN
Menurut CEO dari neenoo, Chairless Chair membantu mendukung postur tubuh yang lebih baik ketimbang kursi konvensional. Kursi ini membuat punggung tetap tegak saat duduk.

Chairless Chair Ketika Berada  di  Tempat Umum |foto : CNN
Meskipun lebih dikhususkan untuk digunakan dalam ruangan, tidak memungkinkan kalau bisa juga dipakai di aktivitas keseharian. Misalnya saat naik bus atau kereta yang penuh penumpang. Belum diketahui kapan pastinya Chairless Chair akan dijual ke pasaran. Namun cukup berpotensi untuk diproduksi secara massal.[]

Video Chairless Chair 

Sumber : Youtube

|CNN

Komentar Anda Disini!
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates