Terkait Hasil Suvey ARC di Aceh Selatan, Pengamat : Belum Bisa Dijadikan Patokan

Ilustrasi |foto : ist
Banda Aceh - Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Serentak Se-Indonesia yang akan berlangsung 27 Juni 2017 mendatang sudah mulai memanas, Aceh Selatan khususnya sudah mulai mempublikasi Bakal calon Bupati 2017-2022.  

Hebohnya ketika beberapa media mengabarkan hasil lembaga survey yang mengatakan T. Sama Indra dan H. Azwir berpeluang menang di Pilkada Aceh Selatan.

Terkait hasil survey tersebut wartawan RoketNews.com meminta tanggapan dari Pengamat Politik Aceh Taufiq Abdul Rahim, Ph.D yang berada di Kota Banda Aceh, Rabu (26/07/2017).

Menurutnya peta politik itu dinamis dan seringkali berubah, hanya saja bagi setiap bakal calon harus membuat langkah awal yang strategis jika serius ingin maju termasuk melihat hasil survei.

"Pesta demokrasi belum dimulai dan ini hanya gambaran awal saja keinginan untuk maju dari para calon. Sebab peta politik terhadap bakal calon masih pada tahap tawaran dari partai politik dan juga keinginan individu dari para bakal calon”. Jelasnya.

Doktor Ilmu Politik dari UKM Malaysia tersebut juga menjelaskan Survey yang dilakukan merupakan kegiatan rasional akademis, bisa saja ini menjadi tolak ukur dan titik tolak gambaran empirik yang realistik atau bisa saja diabaikan.

“Terkait Pilkada Aceh Selatan, hasil survey tidak bisa dijadikan patokan sebab kekuatan politik berada atas dukungan masyarakat Aceh Selatan secara realitas, bukan mutlak oleh survei, waktu yang akan berbicara dan rakyat yang akan menentukan pilihannya”. Tegasnya.[]


|Sudarliadi
Komentar Anda Disini!
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates