Upaya Pemadaman Kebakaran Lahan Gambut, BNPB Menurunkan Helikopter Water Bombing MI 17 VN

Helikopter MI 17 VN Water Bombing Menyiram Kebakaran Lahan Gambut
Meulaboh - Satu unit Helikopter water bombing jenis MI 17 VN milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai melakukan pengeboman air di wilayah kebakaran lahan gambut di Kecamatan Mereubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh Kamis (27/07/2017).

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Teuku Syahluna Polem, di Meulaboh, mengatakan kawasan setempat merupakan daerah terparah dan paling banyak ditemukan titik api kebakaran lahan yang bisa menyebakan Kebakaran Meluas

"Hari ini memang lokasi titik awal pengeboman air di situ, dari semua area lahan yang terbakar di Aceh Barat, yang terparah di Kecamatan Meureubo, banyak sekali titik api saya lihat dari udara. Lokasi lain juga dilakukan pemadaman secara bertahap," Ujarnya

Operasi pengeboman air dilakukan di titik api terbakarnya lahan gambut yang tidak jauh dari Markas Komando Resort Militer (Makorem) 012/ Teuku Umar, Desa Alue Penyareng, Kecamatan Mereubo, Aceh Barat. 

Kemudian di perkirakan ada 100 hektare lebih lahan yang terbakardan dilokasi tersebut juga banyak tanaman kelapa sawit usia muda, tanaman produktif, serta banyak lahan-lahan yang baru dibuka untuk kegiatan perkebunan.

Sementara itu untuk Kawasan-kawasan lainnya akan dirundingkan bersama tim satgas BNPB, TNI Korem 012 Teuku Umar, serta unsur terkait lainnya, sehingga upaya yang dilakukan bersama benar-benar efektif.

"Ini saya baru turun dari pesawat bom air, hari ini berhenti dulu dan akan dilanjutkan besok lagi. Malam nanti kami akan duduk bersama dengan Danrem 012 TU, Kapolres Aceh Barat, Dandim 0105 Aceh Barat, serta pihak terkait lainnya di daerah," Ujar Kepala BPBD

Selanjutnya Syahluna Mengatakan, upaya pemadaman dari darat juga tetap dilakukan petugas pemadam kebakaran bersama tim satgas, memantau serta melarang masyarakat membuka lahan dengan cara membakar, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meterorologi Meulaboh di Nagan Raya meriliskan, titik panas masih ditemukan sebanyak tujuh titik mencakupi Kabupaten Aceh Barat yakni di Kecamatan Meureubo dan Kecamatan Johan Pahlawan.


|FM222731
Komentar Anda Disini!
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates