Ini Dia Tol Trans Sumatera yang Bisa Dijajal Bulan Depan

Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta - Seksi 1 dari ruas tol Palembang-Indralaya sepanjang 7,75 kilometer (km) diproyeksi bakal operasi pada September 2017 mendatang. Saat ini progres fisik telah mencapai 95,16% dengan pengadaan tanah telah 100%. 

Sebelumnya, pada arus mudik Lebaran Juni lalu, ruas tol ini telah dibuka secara fungsional. Sementara untuk seksi 2 dan 3 diperkirakan baru bisa dibuka pada awal tahun depan, meski tetap akan diusahakan pada akhir tahun ini.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang diterima detikFinance, seperti dikutip Rabu (16/8/2017), Jalan Tol Palembang-Indralaya sepanjang 21,93 km ditargetkan bakal beroperasi secara keseluruhan hingga akhir tahun nanti. Saat ini secara keseluruhan, progres fisik telah mencapai 59,4%.

Foto: Dok. Hutama Karya
"Palembang-Indralaya seksi 1 direncanakan September ini, dan lagi dievaluasi sampai 2 dan 3 untuk akhir tahun. Tapi paling telat itu nanti di awal tahun," kata Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna, beberapa waktu lalu.

Adapun pekerjaan yang sedang dilaksanakan pada ruas ini seperti pembebasan lahan, timbunan jalan kerja, pengerjaan tiang pancang, erection girder, pengaspalan hingga pengerjaan gerbang tol.

Foto: Dok. Hutama Karya
Pembangunan Tol Palindra membutuhkan teknik konstruksi khusus, karena lahan pembangunannya didominasi oleh daerah rawa bergambut. Guna mempercepat proses pembangunan jalan tol tersebut, diterapkan teknologi Vacuum Consolidation Method (VCM) untuk mengurangi kadar air dan kadar udara dalam tanah.

Sebagai informasi, Tol Palembang-Indralaya terdiri dari tiga seksi, yakni seksi I ruas Palembang-Pemulutan, seksi II Pemulutan-KTM, dan seksi III KTM-Simpang Indralaya. Pembangunannya telah dimulai sejak 2015, dan saat ini progres konstruksi secara keseluruhan telah mencapai 59,4%. PT Hutama Karya (Persero) menjadi kontraktor pelaksana dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,63 triliun.

Jalan tol ini memiliki tiga sirip untuk menghubungkan pusat kegiatan di sisi Barat dan Timur Pulau Sumatera, yakni Palembang-Bengkulu (di mana salah satunya adalah ruas Tol Palembang-Indralaya), Pekanbaru-Padang, dan Medan-Parapat-Sibolga.[]


|sumber : Detik.com
Komentar Anda Disini!
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates