Strategi Hidup Tanpa Utang Meski Gaji Pas-pasan

Ilustrsi Keuangan | foto: ist (gooogle.co.id)
Roketnnews.com - Memiliki gaji pas-pasan bukan berarti hidup ini juga pas-pasan. Segala sesuatunya memang seolah menjadi terbatas karena penghasilan sedikit. 

Padahal masih banyak orang yang memiliki gaji pas-pasan tapi mampu membeli banyak barang. Hal itu tentu saja dengan cara menabung. 

Menabung satu-satunya solusi untuk meminimalisir masalah di kemudian hari, anggap saja sebagai dana darurat. Jadi bagi yang memiliki penghasilan kecil jika mampu konsisten dalam menabung maka tak perlu takut lagi akan masa depan. 

Selain itu bisa tak perlu lagi untuk berutang. Berikut ini adalah tips agar pekerja dengan penghasilan sedikit bisa memperoleh yang diinginkan tanpa harus berutang.

1. Mengatur Anggaran
Tiap bulan pasti ada anggaran yang keluar. Hal yang harus dilakukan adalah mengatur secara ketat anggaran pengeluaran bulanan dengan mempertimbangkan, menghitung dan menyusun keuangan. Hindari kebutuhan yang tidak penting dan utamakan kebutuhan yang paling penting sehingga uang dibelanjakan dengan cara yang baik.

2. Menempatkan Dana Darurat
Dana darurat adalah dana yang harus dipertimbangkan sejak awal, karena dana darurat bisa membantu keberlangsungan dana tabungan yang telah disisihkan. Dana ini juga bisa meminimalisir utang, apabila kelak ada keperluan yang mendesak maka tidak perlu berutang karena akan diambil dari dana darurat. Oleh karena itu sebaiknya masukan sejumlah dana darurat ke dalam anggaran keuangan. 

3. Kegiatan Menabung setelah Gajian
Apabila gaji telah cair hal pertama yang harus dilakukan adalah menabung. Menabung harus diutamakan mengingat kebutuhan setiap waktu semakin meningkat namun penghasilan masih tetap sedikit. Jadi sebaiknya sisakan terlebih dahulu gaji yang akan ditabung, kemudian sisanya bisa digunakan untuk anggaran lain. Tabungan bisa membantu jika ada keadaan darurat sehingga tidak perlu berutang.

4. Tabungan dimasukkan ke dalam Rekening Khusus
Agar tabungan tidak tercampur dengan uang bulanan, sebaiknya masukkan tabungan ke dalam rekening khusus. Sehingga tabungan tidak ikut dipakai apabila hendak memakai uang bulanan untuk membeli sesuatu. Menempatkan tabungan pada rekening juga dapat mengontrol diri untuk tidak memakainya.

5. Menyisihkan jangan menyisakan
Khusus untuk pengeluatran wajib dan kebutuhan pokok, jenis pengeluaran ini harus menjadi prioritas sebelum untuk pengeluaran lainnya. Jadi sebaiknya saat mendapatkan penghasilan harus menyisihkannya bukan menyisakan. Dengan demikian bila yang wajib sudah dan butuh terpenuhi, maka lainnya lebih mudah tertangani.


sumber: detik.com
Komentar Anda Disini!
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates